Header Ads

UNTUK APA UMURMU? DAN APA TUJUAN HIDUPMU?

Umur adalah waktu hidup kita di dunia. Sehingga umur adalah suatu hal yang sangat berharga. Untuk apakah umur kita? dan apa tujuan hidup kita? adalah suatu pertanyaan yang kadang terlintas difikir kita. Sudah benarkah kita menggunakan umur kita ? mari kita renungi perkataan imam al Jauzi rahimahullah ta'ala
Berkata Ibnul Jauzi رحمه الله :

فَإِنِّي رَأَيْتُ الْعُمْرَ بِضَاعَةً لِلآدَمِيِّ، فَعَجِبْتُ مِنْ تَفْرِيطِ النَّاسِ فِيهِ، كَأَنَّهُمْ مَا عَلِمُوا أَنَّ الدُّنْيَا مَيْدَانُ شِقَاقٍ، وَأَنَّ غَايَةَ الْعُمْرِ الْغَايَةُ، إِلا أَنَّ التَّفَاضُلَ فِي السِّبَاقِ عَلَى مِقْدَارِ الْهَمِّ، وَتَفَاوُتَ الْهِمَمِ عَلَى قَدْرِ الإِيمَانِ بِالآخِرَةِ، فَمَنْ صَدَقَ يَقِينُهُ جَدَّ، وَمَنْ تَيَقَّنَ طُولَ الطَّرِيقِ اسْتَعَدَّ، وَمَنْ قَلَّتْ مَعْرِفَتُهُ تَثَبَّطَ، وَمَنْ لَمْ يَعْرِفِ الْمَقْصُودَ تَخَبَّطَ.
"Sesungguhnya Aku melihat bahwa umur merupakan bekal berharga bagi manusia, maka Aku heran melihat sikap manusia yang menelantarkannya, seakan-akan mereka tidak mengerti bahwa dunia merupakan medan yang sulit, dan maksud utama dari umur adalah tujuan akhir. Hanya saja manusia bertingkat-tingkat dalam berlomba (meraih kebahagiaan akhirat) sesuai kadar niatnya, dan semangat yg berbeda sesuai kadar keimanan kepada hari akhir. Maka siapa yg jujur keyakinannya, maka dia akan bersungguh-sungguh, dan siapa yg menyakini akan perjalanan yg panjang, dia pasti melakukan persiapan, dan siapa yg pengetahuanya sedikit maka dia akan lambat, dan siapa yg tidak mengetahui tujuan hidupnya, maka tdk akan terarah jalan hidupnya."
Dikutip dari :
(Hifzhul 'umur, Ibnul Jauzi:30)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.