Header Ads

ANDAI KITA TAHU . .! ! !


Kebanyakan manusia menjalani kehidupan dunianya begitu saja tanpa memperhitungkan kehidupannya di akhirat kelak.

Padahal seandainya kita tahu betapa beratnya kehidupan setelah kematian, maka kita tidak akan berleha-leha dalam memanfaatkan waktu kita.

Seandainya kita tahu betapa butuhnya kita akan pahala demi pahala dari amal sholeh yang kita lakukan dan semuanya akan ditimbang, maka kita pasti akan berlomba-lomba berangkat memenuhi shaf-shaf masjid.

Seandainya kita tahu betapa dahsyatnya keadaan manusia berdiri di padang mahsyar kelak, maka kita akan menambah ibadah kita sekuat tenaga.

Seandainya kita tahu betapa mengerikannya azab di neraka maka kita pasti akan menangisi kelalaian-kelalaian kita.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

«لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فِي النِّدَاءِ وَالصَّفِّ الأَوَّلِ، ثُمَّ لَمْ يَجِدُوا إِلَّا أَنْ يَسْتَهِمُوا عَلَيْهِ لاَسْتَهَمُوا، وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِي التَّهْجِيرِ لاَسْتَبَقُوا إِلَيْهِ، وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِي العَتَمَةِ وَالصُّبْحِ، لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا»

"Seandainya manusia mengetahui besarnya pahala menjawab adzan dan shalat di shaf pertama, kemudian tidak ada cara untuk mendapatkannya kecuali dengan cara mengundi, maka mereka pasti akan mengundinya.

Seandainya mereka mengetahui besarnya pahala bersegera berangkat ke masjid, maka mereka pasti akan berlomba-lomba datang ke masjid.

Seandainya mereka mengetahui besarnya pahala shalat berjamaah Isya dan Shubuh, maka mereka pasti akan mendatanginya meskipun dengan cara merangkak." [HR. al-Bukhary].


Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga pernah bersabda :

«لَوْ تَعْلَمُونَ مَا أَعْلَمُ لَضَحِكْتُمْ قَلِيلًا، وَلَبَكَيْتُمْ كَثِيرًا»

"Seandainya kalian mengetahui apa yang aku ketahui, sungguh kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis." [HR. al-Bukhary]

Ditulis oleh :
✏ Ustadz Askar Wardhana, Lc  حفظه الله تعالى

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.