Header Ads

Jangan Buat Mubadzir Dagingmu


Segala puji Rabb Semesta Alam yang memberikan kita kehidupan sehingga kita dapat bertemu kembali dengan dengan Iedul Adha tahun ini 1438H.
   Di hari ini seluruh kaum muslim di penjuru dunia merayakan kegembiraannya dengan bentuk melakukan penyembelihan hewan qurban, kemudian dibagikan kepada seluruh kaum muslimin baik kaya ataupun miskin, mereka seluruhnya layak mendapatkannya. Sehingga seluruh kaum muslimin dapat merasakan daging qurban baik berupa daging kambing, sapi ataupun unta.
    Namun perlu diketahui walaupun kegembiraan diperbolehkan jangan sampai kegembiraan tersebut sampai berlebihan. Terutama dalam hal memakan daging qurban. Selayaknya bagi kaum muslimin tidak berlebihan dalam memakan daging qurban yang bahkan dapat menyebabkan tabdzir(boros) karena Allah sangat membenci orang yang mubadzir dalam segala hal. Baik makanan, minuman ataupun harta dan selainnya yang dapat menjadikan tabdzir. Allah Ta'ala berfirman :

 (إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ ۖ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِرَبِّهِ كَفُورًا)
Artinya:
" Sesungguhnya boros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya."[Surat Al-Isra' 27]
Semoga Allah mengiringi Iedul Adha kita tahun ini dengan keberkahan seraya berharap agar tetap dipertemukan kembali dengan Iedul Adha tahun depan.

10 dzulhijjah 1438
Ahukum fillah Yahya Husein Al Azhari


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.